• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Tips Usaha Frozen Food Olahan Ikan (bag.2)

Frozen Food Olahan Ikan Surabaya

Tips Usaha Frozen Food Olahan Ikan (bag.2)

“Tips Usaha Frozen Food Olahan Ikan (bag.2)”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Tips Usaha Frozen Food Olahan Ikan (bag.1)

Strategi Pemasaran

Pada tahap pertama, kita sebelumnya telah membahas tentang penetapan produk, mengelola permodalan dan peralatan. Pada tahap berikutnya mari kita mulai memikirkan teknik dan metode pemasarannya.

Toko Online: Ikan Segar

Bagaimana kiat kita untuk mengenalkan produk pada khalayak. Tentu perlu kreatif mengunakan metode yang efektif dan efisien. Bisa melalui komunikasi mulut ke mulut atau  melalui jaringan orang-orang yang telah kita kenal.

Melalui internet marketing, membuat website dan Search engine Optimization. Melalui medsos yang ada atau dilengkapi dengan metode lain seperti selebaran/brosur. Memakai sistem kupon dan sistem diskon dll.

Pemasaran Daring, Website & Media Sosial

Baik selanjutnya pikirkan untuk memperbesar skala usaha melalui online. Keunggulan produk frozen food & fish adalah mampu tahan lebih dari satu hari. Jadi kita dapat menjual produk dengan target kota/kabupaten lainyang terjangkau dengan layanan kurir service.

Menggunakan media social seperti twiiter, facebook atau instagram untuk menarik perhatian pelanggan adalah ide yang baik. Kita perlu memikirkan konten-konten yang menarik agar pelanggan tergerak untuk memesan produk kita.

Dapatkan Perijinan & Lisensi Produk

Bila kita ingin memperlebar usaha, mendapatkan lisensi (ijin) makanan adalah hal wajib. Konsultasikan ke Dinas Peindustrian setempat, surat ijin apa saja yang perlu diurus. Apakah hanya mengurus PIRT saja atau perlu disertai dengan dokumen-dokumen lainnya. Hal ini penting sekali, mohon untuk tidak mengabaikan dokumen perijinan agar usaha kita nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Membangun Networking & Komunitas

Enak sekali bila kita memiliki komunitas. Silahkan tawarkan produk frozen food dan fish ke komunitas. Makin banyak komunitas yang kita bangun, tentu makin banyak yang tahu. Dapat juga kita menawarkan frozen foods & fish ke swalayan atau supermarket terdekat.

Pengembangan Sistem Distributor atau Reseller

Bila kita ingin memperbesar usaha namun belum cukup modal, kita dapat mencari distributor sukarela. Resikonya pun relatif kecil karena mereka bukan karyawan. Membangun kerjasama yang win-win, saling menguntungkan dengan bagi hasil. Bisa dengan  sistem reseller atau dropshipper.

Peluang Waralaba

Waralaba atau franchise merupakan sistem penjualan modern yang lagi naik daun. Umumnya waralaba digunakan khusus menjual produk frozen food  yang kita miliki. Beda dengan distributor, kalau distributor jualannya dicampur dengan produk-produk lain. Silahkan dipikirkan model altenatif ini. Masing-masing punya plus dan minus.

Membangun Keunikan dan Nilai tambah

Kalau kita hanya menjual nugget ikan dan bakso ikan yang sama dengan yang ada di supermarket, tentu cara bisnisnya sama, hanya menunggu pembeli. Apakah kita hanya pasif seperti ini?

Atau ingin metode yang lebih aktif dengan jemput bola? Tentu banyak pilihan alternatif yang bisa kita kembangkan. Bagaimana pendapat Anda?

Demikian uraian singkat tentang Usaha bisnis Frozen Food Olahan Ikan, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

______________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info


Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan

suksestamanair

Leave a Reply