• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Tips Budidaya Ikan Lele (bag.1)

Tips Budidaya Ikan Lele

Tips Budidaya Ikan Lele (bag.1)

Tips Budidaya Ikan Lele (bagian 1)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Adik-adik para entrepreneur apa kabar semua? Semoga semua senantiasa diberi kesehatan Allah Ta’ala dan dimudahkan segala urasannya, Aamiin.

Pada kesempatan kali ini, kakak dari tim pengembangan kewirausahaan tamanair.net kembali hadir untuk berbagi informasi terkait peluang bisnis dibidang perikanan.

Toko Online: Ikan Segar

Pada blog sebelumnya, kakak telah menguraikan beberapa manfaat nutrisi dari ikan lele. Setelah adik-adik mengetahui manfaat yang terkandung dari ikan lele, adik-adik dapat memantapkan niat dan tujuan untuk beternak ikan lele. InsyaAllah bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Berikut akan kakak uraikan tahapan untuk beternak ikan lele bagi adik-adik pemula. Dengan banyak berdoa pada Allah Ta’ala, diimbangi dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas, InsyaAllah kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut langkah-langkah budidaya ikan lele (bagian 1):

Cara Membuat Kolam Ikan Lele
  • Buatlah kolam ikan lele yang jauh dari lingkungan pabrik. Hal ini agar ikan lele tidak terkontaminasi oleh limbah dan polusi pabrik yang beracun.
  • Usahakan temperatur kolam lele harus berada pada suhu antara 20 hingga 280C.
  • Suasana habitat perlu diciptakan tenang dengan air kolam yang keruh berwarna hijau berlumut.
  • Kolam ikan lele harus diisi air yang cukup, dengan kedalaman kolam yang cukup. Bila kolam dangkal akan menyebabkan ikan lele kepanasan dan mudah mati.
  • Tambahkan tanaman seperti talas atau eceng gondok agar tanaman tersebut dapat menyerap racun air kolam dan memberi keteduhan ikan lele.
Kiat Memilih Indukan yang Bermutu

Perlu hati-hati dalam memilih bibit ikan lele. Pilih bibit yang bermutu untuk ternak ikan lele. Bagaimana ciri-ciri fisik indukan ikan lele yang bermutu? 

Ciri-ciri fisik pejantan ikan lele yang bermutu memiliki perut ramping, warna lebih gelap, tulang kepala pipih, lincah dan memiliki alat kelamin berbentuk runcing. Sementara untuk ikan lele betina, memiliki ciri-ciri perut lebih besar daripada punggungnya, gerakan lamban, kepala cembung dan kelamin berbentuk bulat.

Benih ikan lele yang akan ditebar harus benih yang benar-benar sehat atau bermutu. Patokan ciri-ciri benih yang sehat adalah gerakan ikan lincah, tidak cacat atau luka dipermukaan kulitnya, bebas dari bibit penyakit.

Untuk menguji gerakan bibit ikan lele, dapat ditempatkan pada arus air. Bila ikan lele menantang arah arus air dan bisa bertahan maka gerakan renangnya dapat dikatakan baik.

Bagaimana ukuran benih ikan lele? Ukuran benih ikan lele biasanya memiliki panjang sekitar 5-7 cm. Agar mudah perawatan, usahakan ukurannya rata, tujuannya agar ikan bisa tumbuh dan berkembang serempak.

Dari benih ikan sebesar itu, dalam kurun waktu pemeliharaan antara 2,5-3,5 bulan, akan dihasilkan ikan lele dewasa dengan ukuran konsumsi sebesar 9-12 ekor per kilogram.

Teknik Mengawinkan Ikan Lele

Untuk mengawinkan ikan lele, perhatikan ciri-ciri lele yang siap kawin dari warna kelaminnya. Alat kelamin lele pejantan akan berwarna merah dan yang betina umumnya berwarna kuning. Bila sel telur lele telah dibuahi dan benih lele telah menetas, maka pisahkan benih-benih lele tersebut.

Metode Pengembangbiakan Ikan Lele

Berikut tips pengembangbiakan ikan lele. Langkah awal, siapkan wadah /ember yang diisi air kolam untuk menampung benih ikan lele sebelum ikan dipindah ke kolam. Jangan langsung memindahkan, karena jika dipindah secara langsung, benih ikan lele dikuatirkan akan stress dan mati.

Kolam ikan juga harus dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya letakkan ember ke dalam kolam. Sebaiknya diletakkan pada malam atau pagi hari setelah air kolam dikurangi sekitar 10 sampai 20 cm.

Perlu diingat, disarankan jangan memindahkan ember dari kolam, tunggu hingga 24 jam agar benih-benih lele bisa beradaptasi dengan suasana kolam yang baru. Ya, benik-benih ikan juga perlu beradaptasi pada lingkungan habitat yang baru.

Bagaimana tips selanjutnya? Silahkan di klik berikut:

Tips Budidaya Ikan Lele (bag.2)

Demikian, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Kontak: Informasi / Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

suksestamanair

Leave a Reply