• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Strategi mengelola Bisnis Oleh-Oleh (Bag.2)

Strategi mengelola Toko oleh-oleh Surabaya

Strategi mengelola Bisnis Oleh-Oleh (Bag.2)

“Strategi mengelola Bisnis Oleh-Oleh (Bag.2)”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Artikel berikut merupakan bagian 2 dari artikel sebelumnya:

Tips Mengelola Bisnis Oleh-Oleh di Kota Surabaya

Perlukan Jasa Konsultan UMKM?

Bila kita berminat mengembangkan bisnis dibidang oleh-oleh, tentu dalam perjalanannya nanti akan menemui berbagai kendala di lapangan. Bagimana solusinya?

Misal bila kita menghadapi kesulitan tentang desain kemasan, kita dapat memakai jasa konsultan yang dapat memberikan solusi atas problem kemasan yang kita hadapi.

Toko Online: Aneka Ikan

Bila kita meminta bantuan jasa konsultan,  mereka akan membantu kita menyelesaikan problem-problem bisnis yang kita hadapi, misalnya membuat branding untuk produk, penjualan, pemasaran, keuangan dll. Konsultan juga dapat membantu kita mendesain fitur-fitur unggulan, logo, packaging, promosi di beberapa channel. Intinya konsultan dapat membantu dan memberitahu bagaimana metode komunikasi yang tepat untuk mempromosikan produk.

Perlukan Endorse Orang Terkenal?

Tahap berikutnya, Setelah kita mendesain konsep bisnis oleh-oleh yang unik dan menarik, mari kita pikirkan alternatif strategi untuk mempercepat promosi produk. Salah satunya kita dapat meminta tokoh, orang terkenal untuk mempromosikan produk yang kita kembangkan.

Untuk riset, mari kita mencoba mendapatkan beberapa orang yang memiliki banyak pengikut/ followers di media sosial seperti Instagram atau Twitter. Kita dapat bekerjasama dan meminta mereka untuk mempromosikan produk melalui akun mereka.

Sebelum memakai metode ini, tentu saja kita harus benar-benar mengenal calon endorser, dan memahami karakeristik followernya. Apakah followernya merupakan bagian dari target pasar kita? Metode endorse tokoh/artis terkenal memerlukan biaya ekstra, jadi pastikan budget yang kita anggarkan mendapatkan hasil yang baik pula.

 Strategi Pemilihan Lokasi

Hal penting yang perlu kita perhatikan sebelum merintis bisnis oleh-oleh adalah teknik pemilihan lokasi. Idealnya kita dapat memilih lokasi yang strategis seperti dipinggir jalan raya, lokasi yang dekat dengan kawasan wisata, atau lokasi yang memiliki area parkir yang cukup luas.

Walaupun harga sewa untuk lokasi yang strategis cukup mahal, namun ini dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan bisnis.

Bila kita memutuskan untuk bisnis online (digital) di dunia maya, lokasi menjadi tidak terlalu penting. Lokasi yang dipilih untuk usaha online tentu saja yang memiliki fasilitas jaringan internet yang bagus.

Selain strategi memilih lokasi, penting memperhatikan masalah pelayanan prima (service excellence). Bila pelanggan datang, layani dengan dengan ramah penuh senyuman. Kita juga dapat menanyakan harapan kebutuhan mereka. Kita layani secara maksimal, kita berikan informasi produk-produk secara lengkap dan detail.

 Demikianlah beberapa tips yang penting kita lakukan disaat merintis bisnis oleh-oleh. Dengan mengikuti kiat-kiat di atas, InsyaAllah bisnis kita dapat berjalan lancar dan lebih mudah untuk berkembang. Bagaimana, apakah Anda sudah siap merintis bisnis oleh-oleh?

Baca Juga: Pengusaha Bisnis Ikan Laut (bag.3)

Demikian uraian singkat tentang Strategi mengelola Bisnis Oleh-Oleh (Bag.2), Semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan
suksestamanair

Leave a Reply