• +081331048489
  • tamanair.info@gmail.com

Perawatan Aquascape pada 2 bulan pertama

Keindahan Aquascape Jakarta

Perawatan Aquascape pada 2 bulan pertama

PERAWATAN AQUASCAPE BERKALA

Kegiatan 2 bulan pertama

Aquascape yang sudah ditata rapi memerlukan perawatan rutin (berkala) agar penampilannya tetap prima dan menarik. Dua bulan pertama merupakan masa saat aquascape memerlukan perawatan lebih intensif karena ekosistem aquascape masih belum stabil. Berikut jadwal yang harus dilakukan untuk dua bulan pertama.

Minggu 1

 

Pada Minggu pertama, ikan belum boleh dimasukkan ke dalam akuarium. Selain kondisi air belum stabil, kehadiran ikan pada awal pemeliharaan juga dapat mengganggu akar-akar tanaman yang kondisinya belum kuat. Kotoran ikan juga dapat membuat akuarium cepat berlumut.
Penggantian air idealnya 50% setiap hari selama seminggu agar kadar NH4 tidak naik dan akuarium tidak berlumut. Idealnya, suhu air dijaga pada kisaran 24°C dengan suhu maksimum 26°C Nyalakan lampu selama 5 jam setiap hari. Timer bisa diatur sesuai dengan waktu luang Anda ‘menikmati’ akuarium tersebut.

Minggu 2

Pada Minggu ke 2,  ikan-ikan kecil pemakan lumut boleh dimasukkan, tetapi jangan diberi makan selama satu minggu. Tujuannya, agar ikan memakan lumut yang tersisa di daun saat merasa lapar sehingga akuarium tetap bersih.
Air akuarium diganti setengahnya, hal ini perlu dilakukan dua kali seminggu. Pastikan chiller atau kipas angin berfungsi dengan baik agar suhu tetap berkisar pada 25—27° C. Durasi menyalakan lampu bisa dinaikkan hingga 6 jam per harinya.

Minggu 3

Pada Minggu ke 3, ikan boleh ditambah sesuai kapasitas akuarium dan bisa mulai diberi pakan. Pakan harus habis dalam tempo lima menit. Kelebihan pakan harus dibuang dengan cara disedot menggunakan slang agar akuarium tidak berlumut.
Air akuarium diganti setengahnya seminggu sekali. Suhu air tetap dijaga 26°C. Durasi menyalakan lampu bisa dinaikkan hingga 7 jam per hari.

Minggu 4-6

Pada Minggu ke 4-6, bila ada tanaman air yang membusuk atau tidak sehat, segera ganti dengan tanaman air yang baru.
Penggantian air dapat dilakukan setiap dua minggu sekali.

Minggu 7-8

Pada Minggu ke 7-8, karbon aktif dan media filter seperti arang, mulai dikeluarkan dari filter. Ikan pun boleh ditambah sesuai dengan kapasitas akuarium. Pohon-pohon yang tumbuh terlalu panjang bisa dipangkas.
Ganti 30% air setiap dua minggu sekali. Durasi lampu bisa ditambahkan menjadi 12 jam per hari agar tanaman tumbuh maksimal.

Minggu <8

Pada Minggu ke 9 dst., perawatan berkala dilakukan setiap dua minggu sekali dengan mengganti 50% air akuarium, mencuci filter, membersihkan kaca, dan memangkas pohon yang layu atau terlalu tinggi.

Demikian sekilas info tentang metode perawatan berkala yang perlu dilakukan pada aquascape yang baru disusun. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat.

Salam Hormat,

admin,

Taman Air, Aquascape/Aquarium Specialist, Jakarta, Surabaya Indonesia

tamanair.net


Untuk Informasi Aquascape/Aquarium, kunjungi:

Klik disini : Informasi Taman Air


 

suksestamanair
suksestamanair

Leave a Comment