• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Penggunaan Pupuk untuk Aquascape

Penggunaan Pupuk untuk Aquascape

Penggunaan Pupuk untuk Aquascape

 “Penggunaan Pupuk untuk Aquascape”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Aquascape membutuhkan unsur-unsur seperti pencahayaan, nutrisi, dan CO2 untuk pertumbuhan tanaman. Salah satu kegiatan penting dalam membuat aquscape yang baik adalah memberi pupuk yang tepat.


Klik PPT disini:

>>> Pupuk Aquascape <<<

Follow Instagram: @tamanair.info


Dengan memberikan pupuk, akan menyediakan semua unsur yang diperlukan oleh tanaman. Tanaman yang kekurangan pupuk akan mengalami perubahan warna (menguning) bahkan dapat mati.

Oleh sebab itu, perlu diketahui bahwa dalam pemberian pupuk harus sesuai dengan dosis yang tepat dan jenis pupuk yang dipakai juga tidak boleh keliru.

Jenis – Jenis Pupuk
  • Pupuk Cair (Liquid Fertilizers) : Kumpulan unsur hara yang dibutuhkan tanaman air dalam bentuk cair. Pupuk cair yang baik akan mengandung zat besi, kalium, mangan, molibdenum, boron, seng, dan kobalt.
  • Aqua Soil (Substrat) : Merupakan substrat berupa tanah atau pasir yang sudah mengandung unsur hara. Substrat ini akan memberikan apa yang tanaman butuhkan langsung pada akar.
  • Pupuk Dasar : Jika aqua soil adalah substrate yang sudah mengandung pupuk, maka pupuk dasar adalah murni sebuah pupuk sehingga harus disertai substrat tanah/pasir dalam penggunaannya.
  • Pupuk Tancap (Fertilizer Tablets) : Kandungan pupuk ini sama seperti pupuk dasar dan cair, tapi pupuk ini diproduksi dalam bentuk padatan berupa tablet.
Kapan Harus Menggunakan Pupuk Cair ?

Pupuk cair merupakan pupuk yang digunakan sebagai perlengkapan perawatan, sehingga penggunaannya diberikan langsung ke air setelah membuat aquascape selesai. Tujuan pemberian pupuk ini untuk meningkatkan unsur hara dalam aquascape.

Kapan Harus Menggunakan Aqua Soil ?

Aqua soil digunakan jika ingin menumbuhkan tanaman yang sulit merawatnya.  Tanaman yang memerlukan asupan nutrisi yang cukup diberikan aqua soil di awal setup aquascape. Aqua soil berfungsi sebagai dasar dimana tanaman itu menancap dan tumbuh.

Kapan Harus Menggunakan Pupuk Dasar ?

Penggunaan pupuk dasar ini sama seperti aqua soil  yaitu pada tahap setup aquascape. Pupuk dasar pertama-tama harus dicampurkan dengan substrat sebagai dasar aquascape untuk menancapkan tanaman.

Kapan Harus Menggunakan Pupuk Tancap ?

Pupuk tancap digunakan sebagai opsi terakhir apabila tanaman di dalam aquascape sedang dalam kondisi yang tidak baik. Misalnya pertumbuhan yang lambat dan muncul tanda-tanda keBkurangan nutrisi.

Untuk lebih jelasnya silahkan di unduh download ppt pada link diatas.

Baca juga: Merawat Aquascape agar tetap Cantik Menawan

Demikian uraian singkat tentang Penggunaan Pupuk untuk Aquascape. Semoga bermanfaat, dan salam hormat.

___________________________

tamanair.net

Kunjungi: Ikan Segar

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar surabaya online

Kategori blog: Informasi Aneka Ikan & Aquascape

suksestamanair

Leave a Reply