• +081331048489
  • tamanair.info@gmail.com

Paludarium

Paludarium

Paludarium

Paludarium

Penyuka Ikan Hias? Selain Aquarium dan Aquascape, Paludarium Mulai Trending loh ….. “Apa itu paludarium?”  Paludarium adalah gabungan dari akuarium dan terarium sehingga biota air, amphibi dan biota darat dapat disatukan dalam suatu ekosistim mini. Umumnya palud, sebutan untuk paludarium, dibuat semata untuk estetika, seperti untuk hiasan di rumah. Namun, ada juga yang menggunakannya untuk penelitian atau untuk mempercepat reproduksi hewan atau mendorong pertumbuhan tanaman di akuarium. Dikarenakan mampu menggabungkan habitat darat, air dan udara, maka jenis flora dan fauna yang dipelihara semakin banyak, mulai dari amfibi, reptil, ikan, hingga serangga dan burung. Akibatnya jenis ekosistem yang dapat dibuat pun beragam. Contoh-contoh tema ekosistem yang dibuat adalah hutan hujan tropis, pinggiran sungai, rawa, bahkan pantai.

Jika ingin mendekati ekosistem aslinya, ukuran paludarium sangat berpengaruh, walau sebenarnya paludarium tidak memiliki standar ukuran. Sampai saat ini Montreal Biodome di Kanada yang mencakup lima ekosistem, 4.000 fauna, dan 1.500 flora masih menjadi paludarium terbesar di dunia.

Ciri Khas Palud

Palud bisa dikatakan mirip dengan biotope. Ditambahkan dari berbagai sumber, biotope merupakan konsep yang merefleksikan visual alami yang diinginkan walaupun tanaman dan organisme tidak perlu hadir di dalamnya. Sedangkan palud, tanamannya bisa tumbuh di dengan perakarannya di dalam air, namun juga ditambahkan konsep udara untuk mereka berkembang.

Tapi, tidak jarang komponen darat juga banyak dilibatkan untuk membentuk sebuah palud. Dan hal ini pulalah yang membedakan palud dengan aquascape. Yakni, komponen organisme di dalamnya. Palud lebih fokus di komponennya yang terdiri dari setengah daratan dan setengah perairan, sedangkan aquascape full air, komponennya full harus yang berada di perairan. Contoh, tanaman aquascape haruslah tanaman dalam air, sedangkan  Palud lebih menspesialisasi di variasi di kedua komponen baik di darat maupun air.

Konsep Alami

Dari segi nutrisi, pun dipersiskan dengan konsep alami yakni nutrisi langsung dari alam. Sehingga, jika sang penghobi berniat mengisi organisme seperti ikan, maka tidak perlu diberi pakan. Hanya tergantung dari konsep alamnya.

Palud bisa terdiri dari akuarium ukuran panjang 30 cm dengan komponen lumut, tumbuhan paku, monte carlo, atau bahkan anggrek. Jenis organisme seperti ikan cukup menyamai ikan lokal, yang bukan berasal dari breeding, melainkan tangkapan liar. Jarang sekali ikan hias seperti neon, manfish,  dan diskusdalam palud. Yang banyak itu ikan khas daerah seperti ikan sepat dan cupang yang juga gampang diurus dan kuat di alam liar.

Walaupun, tidak menutup kemungkinan pemain palud juga merupakan pemain aquascape karena kemiripin pemeliharaannya. Yakni, perhatikan konsep dasar perairan dan tanamannya yang butuh CO2, sinar matahari, dan nutrisi. Dengan penerapan konsep ini, palud menjadi relatif lebih gampang karena bisa ada tanaman air dan darat dan unsur CO2 menjadi tidak wajib. Beda dengan aquascape yang tanamannya harus di dalam air dan planting harus ada CO2. Sedangkan konsep sinar, bagi palud, haruslah sinar yang tidak terlalu terik karena biasanya tanaman di palud, seperti lumut akan tumbuh pada suhu rendah.

Kumpulan Artikel Aquascape & Aquarium menarik silahkan dikunjungi link berikut:

Klik disini:

Informasi Aquascape / Aquarium

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam Hormat,

admin

tamanair.net

Aquascape & Aquarium Jakarta, Surabaya Indonesia

Penjualan / Pembelian / Jual / Beli / Maintenence / Perawatan / Pemeliharaan /  Peralatan


Menghadirkan Keindahan & Kenyamanan di Rumah & Kantor Anda


Untuk Informasi tempat / lokasi  Penjualan Aquascape & Aquarium cantik
Hubungi Customer Service Anda (Klik disini)

 

suksestamanair
suksestamanair

Leave a Comment