• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Mengenal Tanda-Tanda Ikan Yang Masih Segar

Mengenal Tanda Ikan Segar

Mengenal Tanda-Tanda Ikan Yang Masih Segar

“Mengenal Tanda-Tanda Ikan Yang Masih Segar”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Taman Air – Untuk menyiapkan hidangan lezat bagi keluarga, tentu kita semua akan mencari ikan yang benar-benar fresh atau segar. Bagaimana cara memilih ikan yang benar-benar segar? Apakah ada tanda-tanda yang bisa kita amati?

Baiklah, kali ini tim dari tamanair.net akan menguraikan secara singkat cara-cara praktis untuk memastikan apakah ikan yang akan kita beli segar atau tidak.

Berikut hal-hal penting yang harus kita perhatikan ketika akan membeli ikan:

Perhatikan Sisik ikan

Langkah awal, perhatikan bagian kulit ikan. Kita harus memastikan kulit ikan cerah dan masih segar. Apabila kulit ikan sudah berubah menjadi pucat, ini tanda-tanda ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Apabila tampilan ikan masih nampak bagus, belum tentu ikan tersebut segar. Ada cara berikutnya untuk menentukan kesegaran ikan. Cara ini dilakukan saat membersihkan bagian sisik ikan. Jika sisik-sisik ikan masih terasa lembut dan kuat, bisa disimpulkan ikan tersebut masih segar.

Perhatikan Mata Ikan

Mata adalah sumber informasi yang penting. Ikan yang segar memiliki bola mata yang masih jernih. Ikan segar memiliki pupil hitam yang mengembung keluar, seperti ikan ketika masih hidup.

Toko Online: Ikan Segar

Pembeli ikan perlu memperhatikan kedua mata ikan dengan saksama. Bila tidak waspada, mata di satu sisi terlihat bening, namun di sisi lainnya justru tidak bening.
Ikan segar memiliki kedua mata yang bening. Bila sudah berawan dan tak bening, bisa dipastikan ikan tersebut sudah tak segar lagi.

Perhatikan Sirip ikan

Perhatikan sirip ikan yang akan kita beli. Sirip dan ekor ikan dapat menjadi penentu kualitas ikan yang akan kita dibeli. Pilihlah ikan yang memiliki sirip dan ekor yang utuh.

Bila kita menemukan sirip dan ekor yang sudah tidak utuh /patah atau tidak lengkap, bisa disimpulkan ikan tersebut tidak disimpan dengan baik. Bisa jadi ikan tersebut tidak disimpan di tempat yang seharusnya dengan cara-cara yang benar, sehingga sirip dan ekor ikan menjadi rusak.

Perhatikan Daging Ikan

Melalui pengamatan pada daging ikan, tingkat kesegaran ikan juga dapat terlihat jelas. Coba kita tekan pada bagian tubuh ikan tersebut. Perhatikan bagian daging yang telah kita tekan tadi. Apabila dagingnya tetap di tempat, bermakna ikan tersebut sudah tak segar lagi. Demikian Sebaliknya, bila dagingnya kembali menyumbul, ikan tersebut masuk kategori ikan segar.

Perhatikan Insang ikan

Langkah praktis berikutnya yang dapat kita lakukan adalah memperhatikan insang ikan. Perhatikan insang ikan dan perhatikan warna dalam rongga insang. Apakah insang ikan masih utuh dan berwarna merah. Bila warnanya merah darah dan tidak berlendir, Ikan tersebut masuk kategori segar.

Apabila warna insang ikan telah berubah hitam menandakan ikan telah didiamkan selama beberapa hari di udara terbuka. Terkadang, untuk menyiasatinya, para penjual ikan biasanya membuang insang ikan yang tidak segar tersebut. Jadi, bila ada ikan yang sudah dibersihkan insangnya oleh penjual, kita perlu waspada.

Baca juga: Tips Memilih Ikan Salmon

Demikian uraian singkat tentang Tips Mengenal Tanda Ikan Segar, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Kontak: Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

suksestamanair

Leave a Reply