• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Mengenal Hardscape Pada Aquascape

Hardscape Aquascape

Mengenal Hardscape Pada Aquascape

“Mengenal Hardscape Pada Aquascape”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Pengertian Hardscape

Hardscape adalah benda padat berbentuk unik yang digunakan untuk menghias aquascape, misalnya bongkahan batuan dan potongan ranting kayu.

Toko Online: Ikan Segar

Perlu diketahui bahwa tidak semua batu bisa digunakan sebagai hardscape, apalagi batu yang dapat merubah PH (Per Hidrogen), KH (Karbonat Hardness), ataupun GH (General Hardness).

Pilihlah batu yang sudah lama terendam air misalnya batu sungai dan danau. Begitupun dengan kayu, pilih kayu yang di ambil dari alam kemudian kupas kulitnya. Setelah itu, rebus berulang-ulang sampai kadar tanin pada kayu menghilang. Tanin pada kayu akan membuat warna air menjadi coklat dan dapat mempengaruhi KH dan GH.

Contoh Hardscape

Berikut ini kami akan memberikan contoh hardscape yang paling umum digunakan oleh aquascaper:

  • Batu Fosil : Umumnya berwarna kecoklatan dan terang, bentuknya seperti batang kayu ataupun bongkahan batu marmer.
  • Batu Seiryu : Batu jenis ini sering dipakai aquascape jenis iwagumi, warna batu ini abu-abu kebiruan dan memberikan efek perbukitan batu secara natural.
  • Batu Unzan : Batu ini merupakan batu vulkanik yang berasal dari gunung berapi dengan karakteristik berongga, kasar, dan berwarna gelap.
  • Batu Skoria : Batu ini berasal dari fragmentasi aliran lava, Karakteristiknya sama seperti batu unzan tetapi warna watu ini kemerahan.
  • Kayu Branch Wood : Kayu ini memiliki banyak cabang tidak beraturan seperti ranting pohon.
  • Kayu Horn Wood : Kayu ini memiliki bentuk seperti tanduk, biasanya memiliki 2-3 cabang dan berbentuk rapi. Kayu jenis ini lebih kuat karena memilikicabang yang tebal.
  • Kayu Mopani Wood : Kayu jenis ini memiliki bentuk yang padat dan tidak memiliki cabang.
  • Kayu Rasamala Root : Kayu ini berasal dari akar pohon rasamala. Kayu ini kokoh, kuat, dan tahan air. Kayu ini punya banyak cabang dan akan berwarna gelao jika terendam air.

Baca juga: Mengenal Aneka Gaya Aquascape

Ingin tahu bagaimana bentuk dan gambar masing-masing Hardscape? Silahkan download power point (ppt) bergambar pada link di bawah ini:

Aneka Hardscape Pada Aquascape

Demikian uraian singkat tentang Mengenal Hardscape Pada Aquascape. Semoga bermanfaat, dan salam hormat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________________

tamanair.net

Follow IG: @tamanair.info

___________________________

Kontak: Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kategori blog: Informasi Aneka Ikan & Aquascape

suksestamanair

Leave a Reply