• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Membuat Aquascape & Menyiapkan Ikan Hias Yang Indah

Aquascape & Ikan Hias Indah

Membuat Aquascape & Menyiapkan Ikan Hias Yang Indah

“Membuat Aquascape & Menyiapkan Ikan Hias Yang Indah”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

 Apa kabar adik-adik semua? Berminat membuat aquascape? Bila sobat berminat membuat aquascape, tahap awal perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan yang dibutuhkan diantaranya sbb:

Toko Online: Ikan Segar

Aquascape Tank

Wadah Aquascape (tank) adalah hal utama yang wajib dimiliki sebelum memulai aquascaping ini. Tersedia di pasaran berbagai jenis wadah aquascape dengan berbagai ukuran. Silahkan dipilih ukuran yang sesuai angaran atau sesuai ruangan tempat aquascape tersebut akan diletakkan.

Baca juga: Alat dan Bahan Pembuatan Aquascape

Pupuk

Pupuk mengandung nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman dan hal tersebut juga berlaku pada tanaman di aquascape.

Di dunia aquascape tersedia bermacam-macam jenis pupuk, baik berupa padatan (substrat dasar) maupun cairan.

Substrat

Substrat digunakan sebagai bagian dasar dari aquascape. Substrat berfungsi sebagai penunjang tempat kehidupan tanaman. Tidak hanya itu, substrat juga berfungsi untuk menampilkan kesan alami pada aquascape.

Terdapat bermacam-macam substrat diantaranya, yakni; pasir silika, pasir malang, tanah sawah hingga substrat khusus yang digunakan untuk aquascape (ADA soil, Nisso soil, Azoo soil, dll).

Baca juga: Substrat Aquascape: Jenis, Tujuan & Fungsi

Tanaman

Pemilihan jenis tanaman sangatlah berpengaruh terhadap keindahan aquascape. Berdasarkan posisinya, tanaman di aquascape dibagi menjadi 3, yakni;

  • Foreground (Depan): Berbentuk seperti karpet (merambat kiri-kanan). misalnya; Hemianthus cuba, Glossostigma elatinoides, dll.
  • Midground (Tengah): Tanaman yang menghiasi bagian tengah adalah tanaman yang tidak terlalu tinggi dan menutupi bagian background (belakang). Jenis tanaman yang biasanya menghiasi bagian tengah, yakni; Eleocharis sp, staurogyne sp, dll.
  • Background (Belakang): Tanaman yang menghiasi bagian belakang adalah tanaman yang menjulang tinggi. Jenis tanaman yang biasanya menghiasi bagian belakang, yakni; Eleocharis vivipara, Valisneria nana, dll.
Lampu

Tanaman membutuhkan fotosintesis agar dapat bertumbuh dan berkembang. Peran cahaya matahari sangatlah diperlukan dalam proses fotosintesis tanaman, akan tetapi di dalam aquascape, peran cahaya matahari dapat digantikan oleh cahaya lampu

Sistem filtrasi

Sistem filtrasi sangat diperlukan di dalam suatu ekosistem buatan. Terdapat bermacam-macam sistem filtrasi yang digunakan untuk aquascape.

Tabung CO2 

Pada saat melakukan fotosintesis, tumbuhan menghirup karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Kebutuhan karbon dioksida yang cukup dan stabil jumlahnya dibutuhkan dalam aquascape.

Kekurangan dan kelebihan asupan karbon dioksida juga menyebabkan tumbuhnya algae yang diakibatkan tidak konstannya jumlah karbon dioksida di dalam air.

Menyiapkan Ikan untuk aquascape

Apa beberapa pilihan Ikan Hias yang dapat digunakan sebagai pemanis aquascape, diantarannya:

  1. Ikan Sumatera
  2. Ikan Guppy
  3. Ikan Neon Tetra
  4. Ikan Cardinal Tetra
  5. Ikan Angelfish / Manfish
  6. Ikan Black Ghost
  7. Ikan Platy
  8. Ikan Pedang
  9. Ikan Zebra
  10. Ikan Sumatera
  11. Ikan Chili Rasbora

Baca juga: Cara Membuat Aquascape Sederhana

Demikan, sekilas informasi, tentang Membuat Aquascape & Menyiapkan Ikan Hias Yang Indah. Semoga bermanfaat.

Semangat dan Salam Sukses Selalu!

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________________

tamanair.net

Follow IG: @tamanair.info

Kontak: Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kategori blog: Informasi Aneka Ikan & Aquascape

suksestamanair

Leave a Reply