• +081331048489
  • tamanair.info@gmail.com

Kiat Menangani Algae yang tumbuh dalam Aquascape

Alga dan Akuarium

Kiat Menangani Algae yang tumbuh dalam Aquascape

Kiat Menangani Algae

Hallo guys, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menangani algae pada aquascape kesayangan kita. Perlu diketahui bahwa cara ini tidak menjamin dapat membersihkan algae 100%, namun setidaknya dengan cara ini, kita akan dapat meminimalkan dan mengendalikan munculnya algae dalam aquascape. Sebelumnya, kami akan menjelaskan apa itu algae, dan jenis-jenis alga yang umum dan sering muncul dalam aquascape. Mari simak selengkapnya …

Apakah Algae Itu …?

Alga adalah tumbuhan seperti organisme yang berfotosintesis dan hidup di air tetapi tidak mempunyai akar, batang, daun, jaringan pembuluh darah, dan struktur reproduksi yang sederhana. Munculnya alga menjadi bahaya potensial untuk ikan dan tanaman air lainnya. Alga bisa tumbuh selama ada air, sinar matahari, dan nutrisi. Tanda munculnya alga adalah munculnya partikel yang berwarna kehijauan atau kuning coklat. Selain itu, alga juga berwarna putih ke abu-abuan yang terdiri dari bakteri dan jamur.

Dampak Munculnya Algae

Sebenarnya, algae memiliki dampak positif bagi aquascape karena munculnya algae menandakan sinyal bahwa aquascape mulai terjadi ketidakseimbangan. Dengan demikian, algae memberikan peringatan biologis bahwa sesuatu perlu dilakukan untuk mempertahankan kehidupan aquascape. selain itu, algae juga memiliki dampak negatif yaitu fotosintesis algae mengonsumsi zat nitrogen, terutama nitrat dan kadang-kadang amonia, sehingga algae dapat mengambil peran tanaman seperti mengambil unsur-unsur dari tanaman, membunuh dan merugikan tanaman dalam aquascape.

JenisJenis Algae

  • Brown Algae : Jenis alga ini akan muncul pada aquascape baru, mudah dibersihkan, tidak berbahaya, dan lama-lama akan hilang dengan sendirinya
  • Blue Green Algae : Alga jenis ini menyebar dengan cepat dan menyebabkan kerusakan parah, alga ini muncul jika nitrat dan fosfat berlebihan.
  • Red or black beard algae (BBA) : Alga yang sulit dihapus, terjangkit pada hardscape dan tanaman, bisa dibersihkan dengan pemutih (bleaching)
  • Green algae : Alga ini normal dan sehat, bermanfaat bagi aquascape selama tidak dibiarkan tumbuh terlalu banyak.
  • Green-water algae : Alga ini mencemari air dalam aquascape, tidak dapat dihapus, perlu menggunakan filter diatomik/menghilangkan cahaya dari aquascape selama beberapa hari untuk menghilangkannya.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang alga/ algae dan bagaimana caranya menangani algae, silahkan download ppt pada  link di bawah ini :

Klik disini:

Kiat Menangani Algae

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

admin,

Aquascape Specialist,

Jakarta & Surabaya

tamanair.net


Info & Konsultasi tentang  harga Aquascape /Aquarium

Hubungi Customer Service: Klik disini


 

suksestamanair
suksestamanair

Leave a Comment