• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Ingin Wirausaha Bisnis Ikan Laut? (bag.1)

Wirausaha bisnis ikan laut. Taman Air Surabaya

Ingin Wirausaha Bisnis Ikan Laut? (bag.1)

“Ingin Wirausaha Bisnis Ikan Laut?”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bila kita ingin belajar wirausaha memulai bisnis dibidang ikan laut, tentu perlu berusaha mempelajari segala hal / seluk beluk tentang bisnis tersebut, tertarik? Mari kita mencoba mempelajarinya:

Pentingnya Riset Pasar

Riset pasar merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan sebelum menjalankan bisnis. Dari Hasil riset pasar, kita akan memperoleh pencerahan ikan-ikan jenis apa yang diminati pasar. Dengan cara ini, kita dapat menekan resiko kerugian yang mungkin terjadi.

Toko Online: Ikan Segar

Melalui riset pasar, kita akan memperoleh informasi bagaimana need & want pelanggan ikan laut di wilayah yang kita inginkan. Semakin kita mengenal need & want calon konsumen kita, tentu akan semakin mudah dalam menjalankan strategi bisnis yang akan diterapkan.

Jangan bayangkan riset pasar seperti riset rumit yang ada di dunia kampus. Riset dapat dilakukan dengan cara mudah dan sederhana, contoh dengan banyak silaturahim dan bertanya pada para pelaku bisnis maupun pada para konsumen. Bertanya pada tetangga terdekat, pada relasi dan handai tolan.

Menentukan Jenis Ikan Yang Akan Dijual

Sebelum memulai bisnis ikan laut, tentu kita harus menentukan jenis ikan apa yang akan dijual. Pepatah mengatakan “Keep it simple”, bikin mudah saja, mulai dari yang kecil, mudah dan murah. Dengan cara ini kita dapat menekan kebutuhan modal yang diperlukan. “Think big, start small & grow fast”, berpikir besar, mulai dari yang kecil kemudian tumbuh dengan cepat.

Cari pengalaman dulu, tentukan ikan apa yang mudah dijual dan mudah diperoleh, telajari pola bisnisnya. Perbanyak silaturahim, perbanyak berdoa dan berpikir positif. Jalin kerjasama yang win-win dengan pemasok, supplier atau vendor.

Menyiapkan modal

Sama seperti bisnis-bisnis lain, tentu untuk memulai bisnis (ikan laut) kita perlu menyiapkan modal. Perlu diingat, banyak entrepreneur membatalkan memulai bisnis karena merasa tidak ada modal. Sebenarnya modal (uang) tidak harus datang dari kantong sendiri. Kita bisa berkontribusi dari modal jenis lain seperti ide, tenaga, skill, manajemen dll.

Cobalah untuk mengumpulkan kekuatan dengan menjalin kerjasama pemodalan dengan pihak lain. Buat proposal kerjasama yang adil, memotivasi dan saling menguntungkan.

Untuk menekan kebutuhan modal yang cukup besar, ada strategi yang cukup menarik. Kita dapat menjalin hubungan emosional dengan pemasok/ suplier. Menjalin kedekatan/hubungan emosional dengan pemasok tentu sangat penting,  mengapa? Karena kita akan mendapatkan trust /kepercayaan dari pemasok.

Cara membangun kedekatan emosi tentu harus dimulai dari diri sendiri, caranya dengan menegakkan nilai-nilai akhlak yang terpuji. Perbanyak silaturahim,  suka menolong, amanah, jujur dan tepat janji.

Bila kedekatan emosional dapat dibangun, akan mudah bagi kita untuk mendapatkan potongan harga, konsinyasi, kridit murah dll.

Bila kita sudah mendapatkan berbagai kemudahan, tentu harus dapat menjaga kepercayaan yang telah kita peroleh. Jangan sampai terjadi trust/ kepercayaan yang didapat dari pemasok hilang karena ulah kita sendiri. Memperbaiki trust yang hilang tentu sangat sulit sekali, so mari kita pertahankan dengan baik. (Bersambung)

Bersambung: Entrepreneurship bisnis ikan laut? (bag.2)

Demikian uraian tentang wirausaha bisnis ikan laut, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info


Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan
suksestamanair

Leave a Reply