• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Ikan Hias Congo Tetra

Ikan hias Congo-Tetra untuk aquarium aquascape

Ikan Hias Congo Tetra

“Ikan Hias Congo Tetra, Ikan Pemalu yang Suka Bersahabat”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bismillah, Apa kabar dulur-dulur semua, semoga semua senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan, Aamiin.

Ikan Hias Congo Tetra

Ikan Pemalu Yang Suka Besahabat

Pada kesempatan kali ini akan sedikit diuraikan jenis ikan pemalu yang suka bersahabat, ikan apa itu? Yes, Ikan Congo Tetra. Apabila dilihat dari ukuran fisik, ikan ini mempunyai ukuran fisik yang kecil yaitu sekitar 6-10 cm.

Jadi ikan ini bukan termasuk ikan yang besar, namun jangan kuatir, ikan ini akan terlihat indah apabila dipelihara dalam jumlah banyak. Ikan ini akan menarik karena saat berenang ikan ini suka bergerombol, berenang kesana kemari bersama sama.

Ikan Congo Tetra merupakan salah satu Genus dari Family Characidae yang memiliki ukuran lebih besar jika dibanding jenis lainnya. Congo betina dapat tumbuh sampai ukuran fisik 6 cm, adapun yang jantan jantan dapat mencapai 8 cm. Ikan Congo tetra berasal dari perairan umum wilayah Congo di benua Afrika.

Bagaimana bentuk badan ikan ini? Bentuk badannya oval dan memanjang. Ikan Congo Tetra memiliki warna biru yang indah dan sedikit warna kekuning-kuningan. Apabila terkena sorotan cahaya lampu aquarium, wow cantik nian.

Ikan congo tetra adalah ikan pemalu yang suka bersahabat, ikan ini bisa di campur dengan ikan hias lainnya seperti, ikan platis, ikan rainbow, ikan hias guppy dan jenis-jenis ikan hias lainnya yang tergolong ikan bersahabat, bukan ikan pemangsa.

Pemeliharaan Ikan Congo Tetra

Ikan Congo Tetra sangat sensitif terhadap perubahan air yang terlalu ekstrim. Perubahan air yang ekstrim dapat menyebabkan ikan menjadi stres atau bahkan sampai kematian.

Ikan hias air tawar ini dapat dipelihara di aquarium dengan suhu  25 – 28 °C. Penting diperhatikan adalah saat mengganti air,  hindari memakai air baru dari kran langsung atau air sumur. Sebaiknya gunakanlah air yang sudah diendapkan dan di aerasi minimal 1×24 jam atau lebih. Apabila mutu air di perhatikan dengan baik, warna ikan ini akan terliat indah dan lebih cerah.

Apabila suhu air aquarium terlalu dingin, ikan ini dapat mudah terserang penyakit seperti gangguan whitespot di badannya. Kadar pH yang disukai ikan hias jenis ini adalah 6 sampai 7,5. Apabila kualitas air kurang baik maka warna ikan ini akan pudar, pucat dan terlihat kurang menarik.

Makanan Ikan Congo Tetra

Bagaimana dengan makanan? Makanan ikan congo tetra cukup mudah, tidak berbeda dengan jenis ikan hias lainnya seperti bloodworm atau cacing beku. Dapat  juga diberi makanan pelet yang berukuran kecil atau granule. Oke, cukup menarik kan? Yuk kita koleksi ikan ini.

Demikian cerita singkat terkait jenis ikan hias Congo Tetra. Dalam kesempatan berikutnya, tim tamanair.net akan menguraikan jenis-jenis ikan hias yang lain, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________________

tamanair.net

Follow IG: @tamanair.info

Toko Online: Ikan Segar

Kontak: Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kategori blog: Informasi Aneka Ikan & Aquascape

suksestamanair

Leave a Reply