• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Entrepreneurship Bisnis Ikan Laut? (bag.2)

Entrepreneurship bisnis ikan laut

Entrepreneurship Bisnis Ikan Laut? (bag.2)

“Entrepreneurship Bisnis Ikan Laut? (bag.2)”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Artile sebelumnya: Ingin Wirausaha Bisnis Ikan Laut? (bag.1)

Melanjutkan uraian terdahulu, pada bagian 2 ini akan dibahas tentang pentingnya Menyiapkan Pemasok, Memilih Lokasi Usaha, Mengembangkan Metode Online dan Strategi Berdagang Keliling.

Menyiapkan Pemasok

Menyiapkan pemasok merupakan unsur penting dalam bisnis apapun, termasuk bisnis dibidang penjualan ikan laut. Tanpa pemasok (supplier), kemungkinan besar kita akan membeli ikan dengan harga yang lebih mahal. Oleh karena itu buat relasi yang baik dengan pemasok,  bangun kepercayaan dan kerjasama yang win-win saling menguntungkan.

Toko Online: Ikan Segar

Selain hal tersebut, penting juga untuk mengusahakan memperoleh pemasok lebih dari 1 vendor, mengapa? Tentu untuk menjaga agar persediaan/stock ikan kita mencukupi. Konsumen yang tidak bisa kita layani karena stok habis tentu akan merasa kecewa. Hal ini yang harus kita jaga.

Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat

Bila bisnis offline, lokasi yang tepat merupakan syarat penting yang perlu kita pikirkan sebelum memulai usaha. Tempat yang strategis dan mudah ditemui akan mempengaruhi perkembangan bisnis kita. Biasanya tempat yang umum dipakai pengusaha ikan laut adalah pasar tradisional atau supermarket / swalayan.

Baca juga: Tips Budidaya Ikan Kakap Untuk Pemula

Tempat-tempat yang strategis biasanya disewakan dengan harga yang tinggi. Namun, bila kita yakin tempat tersebut mampu meningkatkan penjualan, harga sewa yang tinggi tidak akan memberatkan.

Mengembangkan Metode Online

Metode online saat ini mulai banyak dipakai. Tentu saja memulai bisnis dengan menggunakan banyak chanel (Omni channel) akan semakin memperkuat sistem pemasaran yang ada. Gunakan media online untuk melengkapi sistem offline yang telah dibangun. Seperti Website, SEO, Medsos, E-commerce dll.

Pedagang Keliling

Metode lain untuk  jualan ikan laut dengan cara berdagang keliling. Metode ini juga kerap diterapkan oleh pedagang bisnis ayam potong. Dengan cara berkeliling kita akan lebih dekat dengan konsumen. Menjual ikan laut secara berkeliling merupakan cara yang tepat jika kita memiliki keterbatasan modal untuk menyewa lokasi yang strategis.

Memulai dari yang kecil

Kalau modal terbatas, tentu kita bisa memulai usaha dalam skala kecil. Kesalahan umum yang sering terjadi, orang-orang memulai bisnis dengan skala yang cukup besar. Mereka menggunakan modal yang cukup besar sehingga resiko yang diperoleh juga cukup besar.

Bisnis dengan modal besar tentu saja sah-sah saja. Namun tentu perlu persiapan yang lebih baik agar segala kemungkinan resiko dapat diantisipasi.

Solusi lain, kita dapat memulai bisnis ikan laut dengan skala kecil dulu, kemudian secara bertahap dikembangkan bila telah menemukan model bisnis yang tepat. Bersambung…

Bersambung: Menjadi Pengusaha Ikan laut (bag.3)

Demikian uraian singkat tentang Entrepreneurship bisnis ikan laut, Semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________

tamanair.net


IG: @tamanair.info

Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan

suksestamanair

Leave a Reply