• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Cara Aman Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Cara Mencairkan Ikan Beku

Cara Aman Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Cara Aman Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Frozen fish /ikan beku yang baru kita beli, agar kualitasnya tetap terjaga, tentu harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Apabila kondisi belum memungkinkan (kulkas belum disiapkan), sebaiknya segara kemas ikan dalam bungkusan berisi es batu, sebelum disimpan di dalam kulkas.

Toko Online: Ikan Segar

Berapa suhu yang tepat untuk menyimpan ikan beku? Suhu ideal penyimpanan frozen ikan minimal 4 derajat Celcius. Akan lebih baik bila kita bisa menyimpan dalam lemari beku atau freezer.

Info dari USDA Food Safety and Inspection Service, disebutkan bahwa bakteri yang telah ada dalam tubuh ikan akan semakin banyak jika terlalu lama berada pada suhu ruangan. Oleh karena itu, frozen ikan yang telah berada di suhu ruangan lebih dari dua jam sebaiknya tidak dibekukan kembali. Jadi sebaiknya langsung diolah/dimasak.

Cara Mencairkan Ikan Beku

Ada tiga cara yang dapat kita pakai untuk mencairkan ikan beku:

Memakai Air Dingin

Cara ini lebih efektif bila dibandingkan dengan cara membiarkan ikan di dalam kulkas. Untuk melakukan cara ini, tentu kita perlu perhatian khusus. Langkah pertama, bungkuslah frozen ikan dalam kantung plastik. Hati-hati jangan menggunakan kantung yang bocor, agar tidak ada bakteri yang masuk dan merusak kualitas ikan.

Bagaimana caranya? Cukup masukkan plastic yang telah diisi frozen ikan ke dalam wadah air dingin. Selanjutnya ganti air setiap 30 menit, sampai ikan tidak beku lagi. Biasanya satu kilo frozen ikan memerlukan waktu 2 jam agar siap diolah.

Memakai microwave

Langkah awal, kita perlu mencari wadah yang aman dan tahan panas. Penting diingat, jangan memanaskan ikan dengan memakai styrofoam, bungkus plastic atau karton kemasan.

Masukkan ikan beku dalam sebuah wadah, tutup dengan penutup yang tidak bersentuhan dengan ikan. Cara ini cukup efektif, mudah dan cepat, namun dianjurkan untuk ikan beku yang akan segera diolah/ dimasak.

Memakai Kulkas

Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk mencairkan ikan beku. Masukkan ikan beku yang akan dicarikan ke wadah bersih, tempatkan di bagian dasar kulkas dan letakkan berjauhan dengan makanan lain untuk menghindari kontaminasi.

Proses ini relatif cukup lama bisa memakan waktu sampai 24 jam. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan ikan beku paling tidak sehari sebelum diolah. Kelebihan cara ini, kualitas ikan tetap terjaga walau hingga 1-2 hari kedepan.

Hal Penting Sebelum Mengolah Ikan Beku

Hal penting yang perlu diperhatikan, Ikan beku yang telah dicairkan, harus segera diolah/ dimasak. Harap tidak memasukkan kembali ikan yang telah dicairkan ke dalam kulkas. Mengapa?  Karena hal ini bisa menyebabkan terjadinya kontaminasi dan meningkatkan risiko keracunan.

Kadang-kadang, ketika mencairkan, bagian tengah ikan mungkin terasa beku meskipun bagian lainnya telah mencair. Kita perlu hati-hati dengan tidak membiarkan ikan berada di suhu ruangan terlalu lama. Biasanya menunggu bagian tengah tidak beku. Bila kondisi ini terjadi, resikonya suhu permukaan ikan dapat meningkat dan bakteri bisa masuk dan berlipat ganda.

Bila proses mencairkan ikan dirasa merepotkan, jangan kuatir ada cara lain. Kita bisa mengolah ikan beku tanpa harus dihangatkan dulu. Bagaimana caranya? Kita bisa memasak ikan beku secara langsung, namun perlu diingat, cara ini memerlukan waktu yang lebih lama hingga ikan beku dapat benar-benar matang.

Baiklah, cara manapun yang kita lakukan, selalu waspada dan hati-hati. Kita harus selalu cermati terhadap metode yang dipakai dalam menyimpan, menyiapkan, sampai segala proses dalam mengolah makanan beku.

Baca juga: Tips Usaha Frozen Food Olahan Ikan (bag.1)

Dengan metode yang cermat dan kehati-hatian, kita dapat tetap menjalani pola makan higienis, sehat dan terhindar dari bahaya gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi.

Demikian, semoga uraian tentang Cara Aman Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis, dapat bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info


Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan

suksestamanair

Leave a Reply