• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Peran Cahaya & CO2 bagi Kesehatan Aquascape

Lampu & CO2 Aquascape

Peran Cahaya & CO2 bagi Kesehatan Aquascape

“Peran Cahaya & CO2 bagi Kesehatan Aquascape”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Salah satu tugas penting dalam pembuatan aquascape adalah pengaturan cahaya. Tanpa pengaturan cahaya yang tepat, aquascape sulit berhasil sesuai harapan.

Apabila cahaya sinar terlalu kecil, tanaman akan tumbuh kerdil dan tumbuh tidak sehat. Sebaliknya, bila cahaya terlalu tinggi, tanaman cenderung berlumut dan menyebabkan daun kusam tidak mengilap.

Cahaya dan CO2 memiliki hubungan yang sangat penting. Cahaya dan CO2 yang rendah akan menyebabkan hanya sedikit saja energi yang digunakan untuk mengatur klorofil atau enzim yang terkandung dalam tanaman.

Toko Online: Ikan Segar

Ketika cahaya yang digunakan rendah, maka kita harus menambahkan sedikit CO2 lebih banyak sehingga tanaman akan mendapatkan energi yang cukup untuk menghasilkan klorofil meskipun dengan cahaya yang minimal.

Peran Lampu/ Halide

Di toko aquascape, ada beberapa jenis lampu yang dapat di pesan. Lampu tersebut, dapat dibedakan berdasarkan angka yang diberi kode K (kelvin) (pada kemasannya).

Semakin tinggi nilai angka yang tertulis pada lampu, maka semakin tinggi pula suhunya. Pemilihan jenis warna sinar akan berpengaruh terhadap kesuburan tanaman. Di pasaran terdapat jenis-jenis lampu yang berbeda-beda, di antaranya lampu lampu LED, lampu neon dan lampu metal halide.

Lampu neon dan halide dalam jumlah yang cukup akan menghasilkan intensitas cahaya yang cukup tinggi. Tetapi, pada aquascape yang berukuran besar dengan kedalaman lebih dari 45-50cm, sangat sulit untuk cahaya bisa mencapai bagian bawah. Sehingga, perlu penambahan CO2.

Penambahan CO2 sangat membawa perubahan yang signifikan dalam kinerja tanaman aquascape. Konsentrasi CO2 sebesar 10-15 ppm sudah cukup untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Nah, apakah sekarang anda akan menambahkan CO2 kedalam aquascape anda? Untuk peralatan CO2 sendiri sebenarnya sudah ada dan dijual di pasaran, sehingga tinggal pakai tetapi harganya mahal. Anda juga bisa membuat peralatan CO2 sendiri (DIY) tetapi sedikit susah untuk membuatnya. Tetapi jangan khawatir… kami menyediakan informasi bagaimana cara membuat peralatan CO2 sendiri tanpa harus membelinya di toko.

Tertarik lebih dalam mempelajari aquascape? Ikutilah info-info menarik pada posting selanjutnya.

Baca juga: Manfaat CO2 untuk kualitas Tanaman Aquascape

Demikian uraian singkat tentang Peran Cahaya & CO2 bagi Kesehatan Aquascape, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Kontak: Pemesanan

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kategori blog: Informasi Aneka Ikan & Aquascape

suksestamanair

Leave a Reply