• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Beragam Cara Memasak Ikan Yang Higienis

Beragam Cara Memasak Ikan

Beragam Cara Memasak Ikan Yang Higienis

“Beragam Cara Memasak Ikan Yang Higienis”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Menurut artikel dari World Cancer Research Fund, diinformasikan bahwa setiap jenis ikan memiliki ciri/ karakteristik yang tidak sama. Apabila cara memasak yang kita pakai telah benar dan sesuai, maka kandungan nutrisi ikan akan terjaga / dapat dipertahankan dengan baik (higienis).

Toko Online: Ikan Segar

Bagaimana mengolah / memasak ikan yang baik dan benar? Berikut akan diuraikan beberapa cara memasak yang sehat. Dengan metode ini, ikan-ikan yang dimasak akan tetap terjaga kadar nutrisinya.

Dengan Cara Dikukus

Saat ini, metode memasak ikan yang paling sehat adalah dengan cara mengukus, Mengapa? Sebab dengan mengukus tidak banyak nutrisi ikan yang hilang selama pengolahan. Kelebihan lain, dengan mengukus, ikan akan matang secara merata karena panas yang ada dapat menyebar ke seluruh bagian alat pengukus.

Dengan mengukus, keuntungan lain, daging ikan tidak cepat kering sehingga kita tetap dapat menikmati tekstur daging yang lembut dan lezat.

Memasak dengan Dipanggang

Mengolah/ Memasak ikan segar dengan metode dipanggang termasuk sehat. Mengapa? Karena kita tidak memakai tambahan minyak. Untuk memanggang, kita cukup membalur bumbu marinasi dari bawang putih, lemon, dan merica. Selanjutnya kita panggang ikan-ikan tersebut beberapa menit sampai matang dan siap disajikan.

Memasak dengan dipanggang cocok untuk ikan-ikan yang berminyak, seperti ikan tuna, salmon, ikan layur, dan ikan trout air tawar. Karena ikan-ikan tersebut, memiliki aroma kuat dengan tekstur yang padat. Jenis ikan tersebut dagingnya utuh tidak mudah hancur ketika dipanggang.

Memakai microwave

Hasil riset menunjukkan bahwa pemakaian microwave mampu mencegah hilangnya asam lemak omega-3 dari ikan.

Panas yang dihasilkan microwave juga relatif rendah sehingga tidak banyak mengurangi kandungan nutrisi dalam tubuh ikan. Oleh karena itu, pemakaian microwave dapat menjadi pilihan yang sehat untuk memasak ikan.

Teknik Menumis

Bila kita  ingin memasak dengan cepat, menumis ikan merupakan metode yang tepat. Teknik menumis cocok dipakai untuk jenis ikan berdaging putih, cocok pula dipakai untuk menumis makanan laut seperti kerang, tiram dan udang.

Dengan cara menumis, ikan akan terasa lebih gurih seperti digoreng. Teknik menumis lebih sehat sebab minyak yang dipakai jauh lebih sedikit. Dengan menumis, kita tidak perlu khawatir berat badan naik, sebab kalorinya cukup rendah.

Metode Poaching

Metode terakhir dalam artikel ini adalah metode “poach” (merebus). Poaching merupakan cara mengolah /memasak ikan yang sehat. Untuk poaching, dapat menggunakan kaldu ikan dengan campuran bawang Bombay, bawang putih, dan rempah-rempah. 

Poaching dapat diterapkan untuk mengolah ikan berdaging lembut seperti mujair, ikan kod, ikan pecak, dan tuna ekor kuning. Poaching  ikan dalam kaldu sampai bagian tengah berwarna terang, kemudian angkat dan siap sajikan.

Poaching adalah teknik memasak dalam memakai air atau kaldu panas yang belum mendidih, suhu air /kaldu panas berkisar 70-82º Celsius.

Demikian uraian singkat tentang teknis memasak yang sehat. Cara memasak yang sehat harus dapat mempertahankan zat nutrisi ikan dan mencegah terbentuknya senyawa berbahaya.

Masing-masing cara memasak ikan diatas, memiliki kelebihan dan kelemahan. Kita dapat memilih  mana yang cocok untuk masakan kita,  apakah dengan menumis, memanggang, mengukus, poaching, dan dengan memakai microwave.

Baca juga: Cara Aman Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Selain cara-cara masak sehat diatas, ada hal lain yang tidak boleh dilupakan. Perhatikan bahan-bahan yang kita pakai saat memasak. Sedapat mungkin hindari memakai gula, garam, dan minyak yang berlebihan. Untuk menjadi sehat perlu kegiatan pencegahan sejak dini.

Demikan uraian singkat tentang Beragam Cara Memasak Ikan Yang Higienis, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info


Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan

suksestamanair

Leave a Reply