• 62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

Antisipasi Hama Dan Penyakit Udang Windu

Hama & Penyakit Udang Windu

Antisipasi Hama Dan Penyakit Udang Windu

“Antisipasi Hama Dan Penyakit Udang Windu”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Meskipun budidaya udang windu relatif mudah,  tentu bukan berarti tidak ada risiko yang menyertainya. Peluang serangan hama penyakit tetap saja ada. Oleh karena itu, untuk meminimalisir timbulnya hama penyakit, penting sekali pemberian nutrisi yang tepat pada udang.

Toko Online: Ikan Segar

Pembaca yang budiman,  bila udang windu yang kita budidaya telah terserang hama penyakit, maka tentu harus dilakukan pemulihan. Umumnya, penyakit  udang windu dapat disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Bagaimana antisipasinya? Langkah awal, lakukan proses karantina terhadap udang-udang yang terinfeksi dan lakukan pemulihan dengan antibiotik atau anti-jamur.

Resiko ancaman lain pada udang adalah tingkat pH air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dapat pula ancaman dari minimnya kadar oksigen yang ada dalam tambak. Bila problem ini muncul, dapat lakukan pergantian air dengan debit yang lebih besar.

Selain karena penyakit, masalah hama juga bisa menyebabkan kegagalan panen. Beberapa resiko yang berpotensi menjadi hama udang diantaranya burung pemangsa udang, ikan pemakan udang, atau lumut yang tumbuh sangat banyak.

Resiko hama burung

Dalam habitat, ada jenis burung dapat menjadi hama karena suka memangsa udang-udang yang kita pelihara. Salah satu solusi yang dapat dilakukan kita dapat membuat jarring-jaring di atas tambak agar burung tak dapat masuk.

Resiko hama ikan

Bagaimana mengatasi hama ikan? Ada dua tipe golongan hama ikan yang dapat mengganggu kelangsungan budidaya udang windu, yaitu ikan pemangsa ikan dan ikan pesaing.

Ikan pemangsa adalah jenis ikan yang dapat memakan/ memangsa udang yang sedang dibudidayakan. Adapun ikan pesaing adalah tipe ikan yang ikut berebut memakan pakan yang disediakan untuk udang. Tentu saja keduanya dapat merugikan peternak udang.

Bila dimungkinkan, peternak bisa memberantas hama ini dengan jalan memindahkan udang windu ke kolam penampungan sementara, kemudian menguras kolam. Bila tidak memungkinkan, peternak dapat menggunakan metode kimiawi.

Resiko hama lumut

Memang dilematis, di satu sisi, lumut dapat menjadi pakan alami bagi udang, namun sayangnya bila jumlah lumut terlalu berlebih maka dapat mengganggu keseimbangan budidaya udang

Oleh karena itu, sedapat mungkin lakukan pembuangan lumut, caranya dapat dengan memakai sifon atau dengan cara langsung turun ke tambak dan bersihkan lumut-lumut yang ada.

Demikian sekilas informasi tentang Hama Dan Penyakit Udang Windu, semoga bermanfaat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info


Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan

suksestamanair

Leave a Reply