• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

7 Cara Merintis Usaha Ikan Lele (bag.1)

Cara Merintis Usaha Ikan Lele Toko Online Surabaya

7 Cara Merintis Usaha Ikan Lele (bag.1)

“7 Cara Merintis Usaha Ikan Lele (bag.1)”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Assalaamu’alaikum, halo apa kabar semua?

Pada kesempatan  ini, kami dari tim tamanair.net akan berbagi tips bagaimana merintis usaha Ikan Lele  dengan menggunakan kolam terpal. Bisnis ikan lele yang menjanjikan ini dapat dilakukan dimana saja termasuk di sekitar rumah, yang penting tersedia sumber air bersih yang mencukupi.

Toko Online: Aneka Ikan

Dalam artikel ini, akan diuraikan hal-hal terkait prospek dan peluang usaha ikan lele, cara memulai budidaya dan teknik-teknik menjual. Tertarik bukan? Yuk kita baca terus!

Peluang Usaha Bisnis Ikan Lele

Kawan, budidaya ikan lele tentu dapat memberikan peluang bisnis yang menarik bagi kita semua. Mengapa? Jelas karena pangsa pasar (market share) cukup luas dan masyarakat kita telah akrab dan mejadi penggemar ikan lele.

Sebagai entrepreneur tentu kita terus mencoba mencari peluang bisnis. Bisnis ikan lele  menjadi alternatif yang tidak bisa diabaikan. Jangan kuatir buku-buku literature cukup banyak di toko buku dan di internet.

Budidaya ikan lele relatif mudah. Ikan lele dapat ditebar dengan benih banyak sekaligus. Kemudahan lain, ikan lele dapat hidup di air tawar dengan kuantitas air yang kurang ideal. Selain itu, kelebihan lain adalah dari sisi modal. Modal budidaya ikan lele relatif tidak terlalu besar.

Pemerintah tentu juga sangat mendukung kegiatan usaha masyarakat. Kalau kita jeli dan sering menggali informasi tentu akan berkesempatan mendapat bimbingan  dan bantuan dana dari program-program pemerintah.

Pemasaran Ikan Lele

Berikut beberapa saran terkait sistem pemasaran. Ada banyak target pemasaran yang dapat kita pilih. Kita dapat menjual sendiri dengan harga per kilogram (Kg). Kita dapat menjual ikan lele pada warung-warung makanan penyetan yang tersebar luas diberbagai daerah.

Bila bisnis semakin berkembang, kita dapat menjadi pemasok untuk kebutuhan ikan lele di wilayah setempat. Kita juga dapat membangun relasi di restoran-restoran besar.

Peluang lain dari sisi kreatifitas pengembangan produk baru. Ikan lele dapat diolah menjadi aneka makanan, contoh abon lele yang sudah mulai dikenal masyarakat. Saat ini kebanyakan orang mengenal abon dari bahan ayam serta sapi. Hal ini tentu memberikan peluang menarik bagi kita yang mau berkreasi.

Teknik Promosi Ikan Lele

Tentu saja, ada banyak cara untuk promosi usaha ikan lele. Kita dapat menggunakan sistem online marketing dan offline marketing. Dengan offline, kita dapat mempromosikan pada saudara, tetangga, keluarga, relasi, teman serta sahabat.

Baca Juga: Kelebihan dan Keterbatasan Beternak Ikan Lele

Dengan metode online tentu cara ini tidak dapat dianggap sepele. Di era milenial saat ini, tentu optimasi penggunaan medsos dan website akan sangat menjanjikan. Kami sarankan untuk banyak memcari sumber-sumber literature terkait teknik online marketing. (Bersambung)

Demikian semoga bermanfaat, dan salam hormat.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Tautan penting: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan
suksestamanair

Leave a Reply