• +62 8123070905
  • tamanair.info@gmail.com

5 Cara Praktis Budidaya Ikan Tenggiri

Budidaya Ikan Tenggiri Taman Air Surabaya

5 Cara Praktis Budidaya Ikan Tenggiri

“5 Cara Praktis Budidaya Ikan Tenggiri”

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Halo semua, apa kabar sobat sukses? Semangat pagi!

Pada kesempatan ini, kami dari tim tamanair.net akan share materi manarik tentang cara praktis budidaya ikan tengiri.

Toko Online: Ikan Segar

Yes!  Budidaya Ikan tenggiri merupakan primadona. Mengapa? Karena setiap makanan yang terbuat dari olahan ikan tenggiri tentu banyak diminati oleh kalangan masyarakat luas. Semua orang di Indonesia banyak yang menjadi penggemar berbagai olahan dari bahan ikan tenggiri. Tidak heran bila order/ permintaan ikan tenggiri tidak mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Benar sekali bila saat ini bisnis ikan tenggiri merupakan primadona. Order/ permintaan yang stabil membuat para pengusaha melirik bisnis ini. Pada artikel ini, kami akan mengulas 5 langkah dalam budidaya ikan tenggiri.

Tahap Penyiapkan Benih

Baik sobat, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari benih ikan tenggiri yang baik. Kita dapat browsing di internet mencari penjual benih terdekat dari  tempat budidaya kita.

Pastikan benik-benih yang kita akan beli berkualitas baik. Benik harus dalam keadaan sehat, lincah dan tidak ada cacat pada bagian fisiknya.

Mengatur Kepadatan Kolam Ikan

Pentingkah mengatur kepadatan kolam ikan? Ya tentu saja, pada saat kita akan menebarkan benih ke kolam pembesaran, kita harus mengamati kepadatannya.

Padat tebar yang relative tinggi akan membuat ikan tenggiri mudah stress dan  tidak merasa nyaman. Berapa kepadatan yang optimal? Kurang lebih, kepadatan optimal adalah sekitar 150 sampai 200 ekor per meter kubik.

Bila usia ikan telah mencapai 1 sampai 1,5 bulan, tentu kepadatan perlu dikurangi menjadi hanya 100 ekor saja. Setelah ikan berusia sekitar 2 bulan, kepadatan harus kembali dikurangi menjadi 20 sampai 25 ekor per meter kubiknya.

Nah tentu, sebagai pengusaha, kita perlu memonitor jadwal dan usia bibit ikan tenggiri. Agar jadwal pengurangan kepadatan dapat sesuai waktunya.

Mengatur Waktu dan Frekuensi Pakan

Baik sobat, bagaimana langkah selanjutnya? Hal penting yang harus diperhatikan adalah mengatur pemberian pakan dan frekuensinya. Sebaiknya, pakan ikan tenggiri diberikan sebanyak 3x sehari, yaitu saat pagi hari, siang dan sore, hehehe, jadi sama ya seperti jadwal makan manusia. Yang perlu dibedakan, ikan tenggiri kecil dapat diberikan pakan lebih sering.

Jadwal Pemberian Vitamin

Manusia perlu vitamin, demikian pula ikan tengiri juga perlu vitamin. Pemberian vitamin pada ikan tenggiri sangat baik untuk meningkatkan nafsu. Dengan pemberian vitamin, ikan akan lebih cepat untuk menjadi besar.

Pemberian vitamin ikan dapat dengan cara mencampur dengan pakan lalu ditebarkan dalam kolam. Jenis raga vitamin ikan sangat bervariasi. Di pasaran kita akan dapat menemukan vitamin ikan dengan dengan mudah.

Semoga dalam waktu singkat ini, toko online tamanair.net juga dapat menyediakan berbagai vitamin ikan untuk diperjual-belikan. Mohon doanya ya…

Perkembangbiakan dan Masa Panen

Berikut langkap ke 5 (terakhir). Pengembangbiakan ikan dapat dikatakan berhasil bila ikan mengalami perubahan fisik yang bagus, dan semakin besar ukurannya.

Bukan hanya itu, ciri lain yang penting, ikan akan mengalami pematangan gonad (kelenjar reproduksi), yang menandakan ikan tenggiri telah siap untuk dipijahkan. Pemijahan ikan tenggiri dapat dilakukan pada kolam khusus, sehingga mendapatkan benih ikan untuk masa budidaya tahap berikutnya.

Baca juga: 6 Olahan Ikan Indonesia yang Populer

Nah, selanjutnya tibalah kita pada masa panen. Ikan tenggiri bisa dipanen pada saat usianya memasuki 4 bulan, atau beratnya telah mencapai 1 kg per ekor. Kegiatan panen dapat dilakukan pada saat pagi hari ataupun sore hari. Senangkan bila kita dapat memanen ikan yang sehat dan gemuk-kemuk. Semangat dan selamat mencoba.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

___________________

tamanair.net

IG: @tamanair.info

Produk Taman Air: ikan hias, ikan gurame, ikan bandeng, ikan dori, ikan kakap, ikan aquarium , ikan aquascape, ikan tuna, fillet ikan, frozen food, ikan kakap putih, kembung banjar, kakap merah, cum ring calamari, udang windu, tuna saku, bandeng tanpa duri, dory pangasius, lobster laut, ikan tongkol, ikan segar jakarta surabaya online

Kontak: Pemesanan
suksestamanair

Leave a Reply